Selasa, 05 Juni 2012

FUNGSI-FUNGSI MEDIA MASSA


Fungsi Media Massa :

1.      Psikologi
            Terhadap jiwa, akan membawa kepuasan batin tersenderi bagi saya karena adanya peran media massa yang menyajikan berbagai informasi dan hiburan. Fungsi ini sangat kental pada media penyiaran, dengan banyaknya acara sinetron, musik, lawak, dan olahraga.
Dampak posotif :  bila dalam keadaan sentuk ,capek atau stres  dengan adaya medi masa Dari segi psikologi media massa menjadi salah satu sarana hiburan bagi saya sendiri. Ketika saya merasa lelah saya dapat beristirahat sambil menonton acara TV yang bisa menghibur sehingga pikiran dapat jernih kembali.
 Dampak negatif :apa bila berita atau info yang di sebarluaskanitu tidak sesuai dengan pola fikir maka otomatis fikiran kita terasa tertekan.
2.      Agama
Dampak positif: Dari segi agama, saya dapat mengetahui berita-berita tentang keagamaan yang sedang berkembang saat ini dan banyaknya aliran-aliran sesat yang berkembang saat ini. Dengan begitu, saya dapat mengetahui mana yang perlu diikuti dan perlu yang ditinggalkan.
Dampak negatif :berita yang disebarkan itu bertentagan dengan ajaran islam ,seperti menyebarkan aib seseorang dan selain itu juga menayagkan filem-filem pornografi karna dalam agama merupakan perbuatan yang tercela. 
3.      Moral
terhadap moral, akan merangsang wawasan dan cakrawala berpikir terhadap informasi yang disajikan sesuai realitas dalam kehidupan sehari-hari.
Dampak negatif  : mengurangi sikap pada kalangan pelajar ,hal ini nanti berdampak menurunya dan meguba prilaku yang baik menjadi buruk,moral kita merupakan sala satu tradisi kebudayaan kita dalam kehidupan sehari –hari.
Dampak positif :dengan adaya media,siakp,prilaku bahkan pola fikir kita dapat menigkatkan karena dapat mengubah prilaku yang buruk menjadi baik ,dan dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

4.      Pendidikan
Dampak positif : Dampak pendidikan bagai pribadi saya yaitu sebagai salah satu sarana pendidikan, selain itu sebagai salah satu alat untuk memuat tulisan-tulisan yang mengadung pengetahuan sehingga peserta didik/ mahasiswa khususnya saya sendiri menambah pengetahuan saya terutama tentang berita beasiswa.
Dampak negatife :mengurangi minat belajar pada kalangan pelajar ,hal ini berdampak menurunya kualitas sumber daya manusia ( terutama pada generasi muda ) ,hal ini di karenakan seharusya waktu yang di gunakan untuk belajar ,namun di gunakan untuk membaca majala ,surat kabar .yang mana isinya belum sesuai dengan pola fikir mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar